Rabu, 10 Mei 2017

Perawatan Jalan Kebun Kelapa Sawit

Perawatan jalan yang terpenting adalah menjaga bentuk jalan tetap cembung (Camber) atau kemiringan sekitar 5% dan tali air pada tepi badan jalan. Air tidak boleh tergenang di permukaan badan jalan karena akan menyebabkan terbentuk lubang pada titik-titik yang lemah pada akhirnya merusak jalan.
Perawatan Jalan Kebun Kelapa Sawit
Ada 5 faktor penyebab kerusakan jalan yaitu:
• air
• bahan organik
• kurangnya cahaya matahari
• sifat tanah (tekstur dan struktur)
• bahan angkutan (tonase) yang berlebihan.

Penimbunan dan Pengerasan Jalan
a. Waktu Pelaksanaan 
  • Perencanaan penimbunan/pengerasan jalan disesuaikan dengan kebutuhan kebun dengan memperhatikan iklim setempat sehingga pekerjaan dapat dilakukan bukan pada musim hujan
  • Pengajuan rencana anggaran pekerjaan (RAP) dari kebun ke CEO harus sudah selesai pada bulan Desember tahun sebelum berjalan. Data RAP yang harus dipersiapkan terdiri atas peta jalan yang akan ditimbun/dikeraskan, disertai data panjang, lebar, tebal penimbunan (MR, CR, dll) serta volume material yang akan digunakan
b. Sarana Pekerjaan 
  • Peralatan & sarana kerja yang diperlukan telah dipersiapkan dalam kondisi baik
  • Jenis sarana pekerjaan : grader, excavator, buldozer, mining bucket, wheel loader, dump truk, roller/vibrating compactor 6 ton dan lainnya
  • Bila pakai kontraktor, harus disiapkan oleh kontraktor sesuai spesifikasi pekerjaan
c. Pengadaan Bahan
  • Bahan yang dipakai harus diutamakan yang tersedia di lokasi kebun dan sekitarnya dengan mempertimbangkan jarak sumber bahan (quari) dengan lokasi penimbunan/ pengerasan jalan.
  • Quari harus disurvey untuk menentukan kualitas dan kecukupan bahan.
Untuk melakukan perawatan jalan secara efektif kita harus memperhatikan beberapa hal, Adapun teknik rawat jalan yang diterapkan tergantung dari jenis kerusakan dan tujuan perawatan.berdasarkan jenis jalan dan dalam melaksanakan perawatan harus mempertimbangkan sebagai berikut :
  • Jenis jalan yang akan dilaksanakan perawatan nya (Main Road, Production Road, Collection Road, Harvesting Road, dll)
  • Kondisi Cuaca dan Iklim ( Curah hujan dan hari hujan, musim penghujan atau kemarau)
  • Tenaga Kerja (jumlah tenaga rawat jalan)
  • Alat berat ( Roada Grader, excavator, truck dll)
  • Ketersediaan Batu padas, Sirtu dll
Perawatan jalan akses (acces road) harus lebih tinggi proporsinya dari pada jalan lain, karena intensitas di lewati dan tingkat dampak apabila rusak terhadap aspek lain lebih besar. Jalan utama ( Main Road) menjadi prioritas selanjutnya, dilanjutkan dengan jalan collection dan jalan kountur.

yang di maksud dengan jalan akses adalah jalan yang di gunakan sebagai akses menuju kebun dari lingkungan luar (jalan utama untuk keluar-masuk kebun). Jalan akses biasanya mempunyai beban yang cukup berat karena dilewati oleh truk atau kendaraan dengan kapasitas muatan besar (bisa sampai 40 ton) seperti truk pengangkut pupup, truk kernel, mobil tangki CPO dll.

KLASIFIKASI JALAN
1. Jalan Utama (Main Road)
  • Adalah jalan yang menghubungkan antara kantor kebun dengan divisi, antar divisi dan jalan akses keluar dari emplasmen ke luar kebun
  • Lebar jalan adalah 8 m, dengan rincian 5 meter badan jalan, serta 1 x 2 m bahu jalan dan 0,5 x 2 adalah parit jalan
  • Dalam pembuatan jalan Utama, tidak ada barisan tanaman yang hilang
  • Pembuatan jalan dilaksanakan secara mekanis dengan permukaan jalan cembung serta kiri kana dibuat parit.
2. Jalan Produksi (Production Road)
  • Jalan yang dibuat antar blok dengan arah Utara - Selatan dan digunakan sebagai sarana transportasi panen dan pemupukan, serta fungsi lainnya.
  • Setiap batas tertentu, biasanya 100 m dibuatkan TPH (Tempat Pengumpulan Hasil)
  • Dalam Pembuatannya akan ada baris tanaman yang hilang.
3. Jalan Koleksi (Collection Road)
  • Letak jalan adalah ditengah blok antara Timur – Barat
  • Dalam pembuatannya adanya tanaman yang hilang
  • Berfungsi sebagai sarana pengangkutan buah dari blok ke TPH, juga untuk sarana pengangkutan pupuk dan bahan kimia langsung ke dalam blok
  • Dalam hal pemeliharaan jalan di gabungkan pada saat perawatan blok yang bersangkutan
4. Jalan Panen (Harvesting Road)
  • Adalah jalan kecil yang dibuat sejajar dengan baris tanaman Utara – selatan
  • Berfungsi mengangkut tandan buah ke TPH, atau fungsi lainnya terutama pemupukan
  • Lebar jalan 0,75 s/d 1 m dan badan jalan dibiarkan tertutup rumput tipis, dan setiap 3 bulan sekali dilakukan perawatan
5. Jalan Pringgan
Adalah jalan yang dibuat dan terletak di batas luar afdeling dan juga sebagai batas afdeling, dan berfungsi sebagai pengawasan jaringan

PERAWATAN JALAN
1. Jalan Utama
  • Jalan utama harus dirawat secara mekanis/greader dan pengikisan dilakukan setipis mungkin, dan permukaan tanah diusahakan tetap dalam keadaan cembung.
  • Permukaan tanah di giling dengan menggunakan Roadroller dan diberi lapisan batu yang tipis atau cangkang.
  • Tempat tempat yang terus menerua rusak harus menjadi prioritas utama dalam perawatan
Perawatan Jalan Kebun Kelapa Sawit

    2. Jalan Produksi dan Pringgan
    • Perawatan dilaksanakan dengan manual dan bersamaan dengan perawatan blok tanam bersangkutan
    • Pemakaian batu ditaburkan sebanyak 2x dalam setahun atau 3 m³ /km ( 3 meter kubik/km)
    • Penaburan cangkang 4x dalam setahun atau 3m³ /km 
    • Permukaan jalan harus tetap dipertahankan dalam kondisi cembung
    3. Pemeliharaan jalan secara mekanis dengan menggunakan greader 4x dalam 1 tahun Jalan Utama. Main Road

    ALAT DAN BAHAN
    1. Graeder
    2. Parang/egrek
    3. Cangkul/sekop
    4. Batu-batuan
    5. Cangkang
    6. Truk
    7. Road Roller 
    8. dan traktor

    PROSEDUR KERJA
    1. Perawatan jalan mekanis 
    • Material pengerasan yang ada di tepi jalan dikembalikan pada badan jalan
    • Bentuk kembali badan jalan dan dibuat chamber serta tali air yang cukup sekitar 25 atau 50 meter satu tali air ke parit/tepi badan jalan.
    • Road roller melakukan pemadatan di belakang graeder setelah 1 km jalan di grading.
    • Hanya dilakukan grading ringan pada badan jalan yang sudah keras/padat dan pisau tidak menggali terlalu dalam
    • Pada musim kering prioritas pada rendahan. Pada musim hujan tidak diperkenankan grading jalan.
    • Pertahankan bentuk permukaan jalan selalu cembung.
    • Norma 3 HM/Km atau 8 HM/2.5 Km atau sekitar 2.5 km/hari
    2. Perawatan Manual :
    • Lakukan tunas pelepah jalan agar cahaya matahari tembus ke badan jalan, terutama di jalan koleksi. Potong ½ dari panjang pelepah pada 3 lingkaran daun terbawah.
    • Pada kondisi jalan berlobang dirawat manual dengan mengisi batu-batu atau gunakan cangkul untuk menutup lobang dari material sekitar.
    • Buang air yang tergenang di badan jalan melalui tali air ke blok atau parit.
    • Bersihkan jembatan dari tanah-tanah diatas jembatan.
    • Bersihkan kayu-kayu atau rumput yang menghambat aliran air di bawah jembatan/gorong-gorong.
    • Norma : 0.06 Hk/Ha potong pelepah dan 0.06 Hk/Ha untuk manual jalan dan 0.06 Hk/Ha rawat jembatan
    Pengerasan Ulang :
    Sama dengan prosedur pengerasan awal (dalam SOP……….TBM). Namun spesifikasinya dengan ketebalan 5 cm dan lakukan penyisipan pada lokasi yang tidak dikeraskan lagi namun terdapat kerusakan/lobang. Khusus untuk akses road dan key road harus disisip setiap tahun.


    A = DMJ (Daerah Milik Jalan)
    B = Pinggir Jalan
    C = Parit Jalan
    D = Bahu Jalan
    E = Badan Jalan
    PELAPORAN
    Setiap hari mandor/petugas melaporkan hasil kerja kepada asisten mengenai jumlah m3/ton material, jumlah panjang jalan, jenis jalan, lokasi timbun, No BPB. Juga laporan hasil kerja manual seperti: Panjang jalan, Identitas jalan, No blok dan Jumlah Tenaga kerja
    Setiap minggu asisten yang bertanggung jawab harus membuat laporan dan analisa hasil kerja dan pengukuran dari pos masuk, lokasi terima matrial dan catatan dari quari kemudian dilaporkan ke manajer unit.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Aplikasi Payroll

      Tingkatkan efisiensi menghitung gaji karyawan dengan Aplikasi Payroll ini Semua beban perhitungan yang kompleks dan memerlukan waktu lebih...