Kesederhanaan Jogja Dalam Tenda dan Gerobak


contoh angkringan jogja
Ketika seorang kawan dari negeri seberang menanyakan tentang bahasa Inggris dari angkringan maka saya kebingungan. Jujur saya tidak tahu namun ketika saya mencoba mencari dalam kamus tetap saja saya tak menemukannya. Akhirnya saya hanya bisa menjelaskan bahwa angkringan adalah sebuah gerobak beserta tendanya untuk melindungi pengunjung dari panas dan hujan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman khususnya nasi kucing, berbagai sate jeroan ayam, gorengan, jahe susu dan es teh dan biasanya terletak di pinggir jalan.
Mungkin saya tak perlu jauh-jauh melihat ke warga di benua lain yang tak mengetahui angkringan, ternyata tak sedikit warga di luar Jogja dan sekitarnya yang belum mengetahui apakah angkringan itu.
Angkringan yang selalu diidentikkan dengan nasi kucing sangat mudah di temukan di sepanjang jalanan di Jogja. Dahulunya angkringan hanya mudah di temui di sekitar kota Jogja namun saat ini di berbagai kabupaten di Jogja seperti Sleman, Bantul, Kulon Progo hingga Gunung kidul juga dengan mudahnya dapat ditemui angkringan di pinggir jalan. Ya…angkringan memang salah satu simbol dari Jogja oleh karena itu jika anda berkunjung ke Jogja maka tak lengkap rasanya jika anda belum mencoba merasakan makanan dan minuman dari angkringan.
Asal muasal angkringan pun sepertinya sulit untuk di runut kembali akan tetapi menurut beberapa sumber yang ada, dahulu angkringan muncul karena adanya kebutuhan kalangan menengah ke bawah untuk berkumpul, ngobrol dan menikmati makanan dengan harga yang murah pada waktu malam hari.
Saat ini angkringan sudah berubah fungsinya, angkringan tak lagi menjadi bagian dari kalangan menengah ke bawah namun angkringan sudah menjadi bagian dari seluruh masyarakat Jogja. Saat ini pengunjung angkringan tak hanya kaum buruh saja namun para buruh berdasi, wiraswasta hingga mahasiswa menjadi pengunjung setia angkringan. Tak ada rasa malu ataupun enggan untuk mengunjungi angkringan di Jogja. Setiap detik kehidupan masyarakat Jogja sudah tak bisa di lepaskan dari angkringan karena saat ini angkringan tak hanya hadir pada malam hari namun pagi, siang hingga sore hari angkringan tetap eksis menyediakan nasi kucingnya untuk warga Yogyakarta.
nasi kucing dan sate angkringan
makanan di angkringan dari. Jogja
Harga yang ditawarkan oleh angkringanpun sangat terjangkau misalnya harga sebungkus nasi hanya Rp 1.000 hingga Rp 2.000, harga minuman hanya Rp 1000 hingga Rp2500 ditambah gorengan seharga Rp 500 perak per biji. Tak lengkap rasanya jika anda tak menyantap sate yang di sediakan baik sate usus, sate ati ampela, sate kulit ayam hingga sate kerang atau bekicot yang harganya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per tusuk.
Terjangkaunya harga makanan dan minuman di angkringan yang merupakan konsumsi masyarakat dari berbagai kalangan menunjukkan bahwa denyut nadi kehidupan masyrakat di Jogja tak bisa dilepaskan dari angkringan. Tak ada orang yang malu atau enggan ke angkringan karena angkringan adalah milik seluruh warga Jogja. Inilah cermin dari kesederhanaan Jogja, cermin dari kesahajaan Jogja dan cermin dari betapa nyamannya Jogja….tak heran jika jogja menggunakan slogan YOGYAKARTA BERHATI NYAMAN!

1 komentar:

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com