perjalanan ke jogja

Jogja, Jogjakarta ataupun seringkali di tulis Yogyakarta adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi oleh para backpacker Indonesia selain Bali. Popularitas pariwisata Jogjakarta memang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik. Selain itu, sebagai kota pelajar, Jogjakarta juga menerima ribuan pelajar dan mahasiswa yang hendak melanjutkan sekolahnya di sini. Hal ini membuat Jogja tidaklah asing dengan para pendatang dan pengunjung yang menambah keunikan kota ini.
Pantai Parang Tritis atau lebih dikenal dengan pantai selatan dari atas bukit
Pantai Parang Tritis atau lebih dikenal dengan pantai selatan dari atas bukit
Jika kalian hanya memiliki dua hari saja untuk mengunjungi kota ini, berikut contoh rencana perjalanan yang dapat kalian lakukan sehingga dapat benar-benar menikmati Jogja yang sebenarnya.
Hari Pertama
• Begitu tiba di Jogja, usahakan kalian segera mendapatkan penginapan dan dapat menaruh barang-barang kalian di penginapan. Untuk daerah penginapan wisatawan yang terkenal di Jogja adalah Sosrowijayan dan juga Prawirotaman. Disana, ada banyak sekali hotel, hostel bahkan kamar-kamar yang disewakan dengan harga murah, sekitar
Rp 100.000 per malam. Akan tetapi, sekarang penginapan di Jogja bukan hanya ada di daerah itu, ada banyak sekali penginapan murah di luar daerah itu, kalian bisa mengecheck dari beberapa website yang menawarkan penginapan di Jogja seperti pegipegi, booking.com, agoda, traveloka, dll.
• Pertama kali, kalian bisa mengunjungi Kraton Yogyakarta yang kemudian dapat dilanjutkan dengan wisata ke Taman Sari atau tempat pemandian putri-putri raja pada zaman dulu. Di dekat daerah ini, kalian bisa berjalan-jalan di beberapa bangunan tua sekitar Kraton dan juga pasar Ngasem yang dulunya terkenal dengan pasar hewan.
• Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke Malioboro untuk sekedar berjalan-jalan atau berbelanja oleh-oleh. Ada banyak toko yang menawarkan oleh-oleh batik di Malioboro namun toko yang paling terkenal adalah Mirota Batik karena menjual berbagai jenis oleh-oleh, mulai dari pernak-pernik, batik hingga makanan khas Jogja, bakpia.
• Untuk malam hari, kalian bisa mengunjungi alun-alun selatan yang menawarkan wisata kuliner dan juga budaya. Kalian bisa menikmati makan malam disini, dilanjutkan dengan menyewa sepeda warna-warni untuk mengelilingi alun-alun. Setelah itu, kalian bisa mencoba permainan matagin, menutup mata kalian kemudian mencoba berjalan menuju ke tengah-tengah kedua beringin kembar di Alun-Alun Selatan. Tak banyak orang yang mampu melakukan ini!
Hari Kedua
• Untuk hari kedua, kalian bisa memulai dengan menikmati matahari terbit di Bukit Setumbuk yang dekat dengan candi Borobudur. Kalian bisa berangkat dari Jogja sekitar jam 4 pagi dan tiba di sana jam 5. Daerah ini menjadi alternatif yang jauh lebih murah untuk menikmati sunrise di candi Borobudur karena paket sunrise yang ditawarkan oleh hotel Manohara jauh lebih mahal, atau sekitar Rp 300.000 per orang.
• Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan makan pagi di sekitaran candi Borobudur dan menikmati makanan lokal di sana.
• Karena sudah tiba di daerah candi Borobudur, tentunya perjalanan ini tak akan lengkap kalau tidak dilanjutkan dengan mengunjungi candi Borobudur dan menikmati cerita sejarah di sana.
• Setelah candi Borobudur, tak sedikit turis yang akan kembali ke Jogja melewati gunung Merapi atau wilayah Kaliurang. Di sini, kalian bisa menikmati wisata abu vulkanik, mengunjungi museum letusan gunung berapi, desa bekas tempat tinggal mbah Marijan. Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi museum Ulen Sentalu untuk mengenal lebih dalam budaya Jawa. Jika musim salak, maka kalian bisa mendatangi beberapa perkebunan salak di sana dan membeli salak langsung dari para petani.
• Untuk malam hari, kalian bisa mengunjungi angkringan kopi Jos yang terletak di sebelah utara Malioboro dan Stasiun Kereta Api Tugu. Selain itu, alternatif yang lain adalah mengunjungi angkringan Pendopo Dalem yang berada di dalam wilayah Kraton Jogja. Di kedua tempat ini, kalian bisa menikmati berbagai makanan angkringan khas Jogja.
Beberapa kegiatan tersebut pastilah sudah melelahkan untuk dilakukan namun belum mencakup seluruh pariwisata yang ada di Jogja. Jika kalian masih ingin tahu lebih banyak tentang contoh rencana perjalanan ke jogja lainnya, nantikan tulisan lanjutannya tentang perjalanan di Jogja.

1 komentar:

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com